Donor Darah di PMI Berkurang Semasa Pandemi Covid-19

Ilustrasi thalassemia, donor darah.(Shutterstock)

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketua Bidang Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (PMI) dr Linda Lukitari Waseso mengatakan, aktivitas donor darah berkurang semasa pandemi Covid-19. Menurut Linda, kegiatan donor darah di hampir sebagian besar Unit Donor Darah PMI menurun sebesar 30 sampai 50 persen. “Banyak Instansi ataupun kelompok masyarakat yang sedianya sudah menajdwalkan donor darah kemudian membatalkan kegiatannya karena ketakutan tertular Covid-19,” kata Linda dalam keterangan tertulis, Minggu (6/9/2020).

Sedianya kegiatan transfusi darah di rumah sakit tetap berlangsung dan dibutuhkan. Apalagi saat ini merebak penyakit demam berdarah sehingga banyak dibutuhkan darah. Selain itu pasien yang rutin memerlukan transfusi darah seperti thalasemia mengharuskan stok darah harus tetap tersedia. Untuk mengatasi kekhawatiran penularan Covid-19, saat ini PMI menerbitkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 dalam pelaksanaan Donor Darah. Dalam protokol tersebut sudah diinstruksikan apa yang seharusnya dilakukan saat mendonorkan darah, termasuk menjaga jarak dan membersihkan peralatan. Sementara untuk para pendonor diwajibkan mengisi ….


Penulis : Rakhmat Nur Hakim
Editor : Kristian Erdianto
Selengkapnya Baca Di : https://nasional.kompas.com/read/2020/09/06/13115431/donor-darah-di-pmi-berkurang-semasa-pandemi-covid-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *