Kasus COVID-19 Terus Melonjak, PMI Minta Masyarakat Waspada

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla bersama Sekjen PMI Sudirman Said dan jajaran pengurus PMI Pusat dan 8 PMI Provinsi di Indonesia melakukan simulasi cara cuci tangan yang baik dan benar di Markas Pusat PMI, Jakarta, Kamis (5/3/2020). (Tim Media JK

Liputan6.com, Jakarta – Palang Merah Indonesia (PMI) meminta masyarakat lebih waspada di tengah lonjakan kasus COVID-19, terutama di 10 provinsi dengan laporan kasus terbesar.

“Kami menyerukan agar masyarakat semakin meningkatkan kewaspadaan, lebih dari biasanya, pada hari-hari ke depan,” kata Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said dalam konferensi pers tentang Perkembangan Penanganan COVID-19 oleh PMI secara virtual di Jakarta, Senin (28/9/2020).

Ia mengatakan berdasarkan pantauan relawan PMI yang tersebar di seluruh Indonesia, lonjakan kasus COVID-19 cukup signifikan terjadi di 10 provinsi Indonesia. Yakni di Riau meningkat hingga 78 persen, Kalimantan Timur 56 persen, Jawa Barat 51 persen, DKI Jakarta 48 persen, Bali 44 persen, Jawa Tengah 38 persen, Sumatera Utara 35 persen, Jawa Timur 26 persen, Sulawesi Selatan 22 persen, dan Kalimantan Selatan 21 persen.

Sudirman mengatakan dari 10 provinsi tersebut, ia melihat lonjakan kasus COVID-19 lebih banyak terjadi di daerah perkotaan. Dengan sebaran penduduk yang cenderung terfokus di satu titik, dibandingkan dengan di kabupaten yang sebaran penduduknya lebih tersebar.

Ia mencontohkan lonjakan kasus di Kota Pekanbaru Riau, kasus terkonfirmasi positifnya berjumlah …

Editor : Nila Chrisna Yulika
Foto : Tim Media JK
Selengkapnya Baca Di : https://www.liputan6.com/news/read/4368491/kasus-covid-19-terus-melonjak-pmi-minta-masyarakat-waspada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *